Asmaul Husna


Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

My Calender


Kamis, 03 Januari 2013



Rosulullah adalah manusia yang paling berani, paling sabar, paling adil dan paling menjaga kesucian diri. Tangan beliau tidak pernah sama sekali menyentuh wanita yang tidak halal baginya. Rosulullah menambal sandal, menambal pakaian dan melayani dalam kepentingan urusan rumah tangganya. Beliau memotong daging, beliau adalah yang paling besar rasa malunya. . Beliau mendatangi undangan budak atau orang yang merdeka. Beliau menerima hadiah dan membalasnya. Beliau tidak memakan shadaqah atau zakat. Beliau marah karena Tuhannya, bukan karena dirinya sendiri, beliau melaksanakan kebenaran meskipun kemelaratannya akan kembali kepada dirinya atau kepada para sahabatnya.


Rosulullah mengikat batu atas perutnya sekali waktu karena lapar. Beliau tidak pernah makan dengan bersandaran, dan tidak di atas meja. Beliau mendatangi walimah, beliau menengah-nengahi orang sakit, mengantarkan jenazah. Beliau berjalan sendirian di antara musuh-musuhnya tanpa pengawal. Rosulullah adalah manusia yang paling besar tawadhu’nya, yang paling tenang, tidak sombong, paling jelas, fasih dan tepat bicaranya dengan tidak memanjang-manjang dan paling bagus kegembiraannya. Beliau tidak ditakutkan oleh sesuatu dari urusan dunia. Beliau memakai pakaian yang beliau dapatkan. Sekali waktu beliau berjalan tanpa alas kaki, tanpa selendang, sorban dan peci. Beliau mengunjungi orang sakit sampai ke daerah kota madinah yang terjauh. Beliau menyukai bau harum dan tidak menyukai bau yang tidak enak.

Beliau tidak memutuskan hubungan dengan seseorang. Beliau menerima alasan yang diajukan kepadanya. Beliau bersenda gurau dan tidak bersabda kecuali yang benar. Beliau tertawa dengan tanpa terbahak-bahak. Beliau melihat permainan mubah. Bila suara-suara dikeraskan padanya beliau bersabar. Beliau melakukan yang wajib dan meninggalkan yang sia-sia. Beliau tidak pernah mengutuk istri. Beliau tidak pernah memukul dengan tangannya kecuali dalam perang. Beliau tidak pernah balas dendam kecuali apabila dilanggar kehormatan Allah.

            Rosulullah selalu memulai memberikan salam kepada orang yang beliau temui. Apabila ada yang bercakap-cakap dengan beliau, beliau tidak meninggalkanya sampai ia pergi. Beliau tidak berdiri atau duduk kecuali berdzikir. Duduknya Rosululah lebih banyak menghadap kiblat. Rosulullah adalah orang yang paling jauh dari sifat pemarah dan paling cepat sikap keridhoannya. Beliau marah apabila melihat hal-hal yang membuat Allah marah. Beliau tidak pernah berkata kotor, berbuat keji dan melampaui batas. Beliau paling lemah lembut dan ramah, tidak pernah berlaku keras dan kasar. Beliau paling halus wataknya dan paling ramah tata pergaulannya. beliau lebih banyak mendengar daripada berbicara. Beliau adalah orang yang lama berdiam, tidak bicara selain dalam keperluan.

            Itulah akhlak Rosulullah yang menjadi teladan bagi kita bersama. Beliau berdakwah tidak hanya lewat kata-kata melainkan juga dengan kepribadian beliau sendiri yang senantiasa menjadi panutan bagi sahabat-sahabat beliau. Kiranya hal inilah yang menjadi kunci kesuksesan Nabi dalam mengemban misi dakwah beliau dalam menyebarkan agama Islam. Kepribadian beliau yang lemah lembut serta kesabaran beliau dalam menghadapi musuh sekalipun beliau dicerca, dicaci maki, dilempari kotoran dan bahkan sampai nyawanya sendiri terancam, dalam keadaan seperti itu, beliau tetap bersabar dan tetap mendo’akan mereka sehingga hal itu menjadi magnet tersendiri bagi mereka yang lalu kemudian memeluk agama Islam, seperti Umar Bin Khattab yang sangat terkenal memusuhi Nabi, Khalid Bin Walid dan lain sebagainya.

Sumber :
  • Ghazali, Imam, Ihya’ Ulumiddin, (Semarang : Asy-Syifa’ , 2009)
  • Haekal, Muhammad Husain, Sejarah Hidup Muhammad, (Jakarta : Litera AntarNusa, 2009)
  • Abazhah, Nizar, Bilik-Bilik Cinta Muhammad, (Jakarta : Zaman, 2010)
  • Abazhah, Nizar, Sekolah Cinta Rasulullah, (Jakarta : Zaman, 2010)
  • Fauzi, Fathi dan Sakakini, Widad, Keluarga Perempuan Rasulullah, (Jakarta : Zaman, 2011)

           


0 komentar: